VISI, MISI DAN TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN
A. VISI
Satuan Pendidikan ditugaskan untuk merumuskan Kurikulum Operasional Sekolah yang beradaptasi dengan kebutuhan dan potensi siswa. Sebagai unit pendidikan, SD Negeri SD Negeri Depok 2 perlu memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan, seperti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang menghasilkan perubahan yang cepat, serta mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat. Era informasi juga telah memiliki pengaruh besar terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, serta kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap nilai pendidikan. Semua ini disebabkan oleh era perdagangan bebas yang global.
SD Negeri SD Negeri Depok 2 merespons tantangan dan peluang yang ada dengan mengembangkan visi sekolah yang sesuai dengan arah perkembangan. Visi adalah arahan moral yang mewakili profil sekolah di masa depan. Visi kami di SD Negeri SD Negeri Depok 2 adalah:
"Misi kami adalah menciptakan peserta didik yang memiliki karakter kuat dan cerdas secara kreatif."
Beberapa indikator yang dapat digunakan untuk menilai keberhasilan pencapaian dari visi adalah sebagai berikut:
a.Penuh Karakter : Bersikap ramah, beriman, patuh, jujur, tertib, disiplin, peduli, sopan, percaya diri, kerja keras, mandiri dan bertanggung jawab.
b.berbakat: berbakat secara intelektual, emosional, spiritual, dan kinestetik.
c.Kreativitas adalah hal yang krusial dalam dunia IPTEK dan IMTAQ. Seorang individu harus memiliki sikap yang kritis, kreatif, dan kompetitif agar bisa berkontribusi secara maksimal.
Ketika teknologi terus berkembang, kebutuhan akan pribadi yang kreatif di berbagai bidang semakin meningkat. Ini termasuk kemampuan untuk berprestasi dalam hal akademik dan non-akademik.
A. MISI
1. Memperkuat sikap jujur, disiplin, sopan santun, rasa percaya diri, kemandirian, kerja keras, tanggung jawab, serta kepedulian terhadap orang lain dan lingkungan sekitar.
2.Tujuan utama kami adalah membantu siswa dan lulusan untuk menjadi cerdas dan aktif dalam bidang akademik maupun non-akademik. Kami mencapai ini melalui proses pembelajaran yang menyenangkan, inovatif, kreatif, dan efektif. Kami ingin siswa menikmati belajar dan memiliki beban kerja yang sesuai dengan kemampuan mereka.
3.Tujuan utama dari sistem pendidikan adalah untuk mendorong pelajar untuk mencapai prestasi akademik yang baik, bersaing secara sehat, dan memiliki keterampilan untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan.
A. TUJUAN PENDIDIKAN SATUAN
SD Negeri SD Negeri Depok 2 bertujuan untuk mewujudkan misi sekolah dengan mengimplementasikan kurikulum sebagai bentuk dan cara. Hal ini dapat dicapai melalui tujuan-tujuan berikut:
1. Tujuan Jangka Pendek (Dalam 1 Tahun Ke Depan)
a. Meningkatkan penggunaan fasilitas sekolah untuk mendukung perencanaan.
Kami percaya bahwa motivasi untuk terus belajar adalah kunci kesuksesan dalam pembelajaran. Itu sebabnya kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang mendorong keinginan anda untuk terus berkembang dan belajar.
b.Kami menyediakan sistem penilaian terdigitalisasi untuk memudahkan proses dan meningkatkan efisiensi.
c.Membentuk siswa yang disiplin dan tepat waktu dalam menjalankan ibadah merupakan salah satu tujuan pendidikan kami. Kami berharap dapat mengembangkan aspek spiritual siswa melalui kegiatan keagamaan yang terencana dan dituntun dengan baik. Dengan demikian, siswa akan menjadi lebih taat dan bertanggung jawab dalam menjalankan ibadah.
d. Menciptakan rasa simpati dan empati pada pelajar untuk meningkatkan kepedulian sosial.
e.Program sekolah yang dirancang untuk memperkenalkan dan menerapkan kebhinekaan.
f. Menciptakan strategi pembelajaran yang menghargai potensi setiap daerah secara kreatif.
g.Terapkan semangat kerja sama dan kebersamaan dalam semua aktivitas kelas dan kehidupan sekolah.
h.Kami menerapkan program dan pembelajaran HOTs untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
i.Membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi melalui pelajaran yang dilaksanakan.
2. Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun mendatang)
a. Menyusun proses pembelajaran yang dapat diadaptasi sesuai dengan perbedaan kemampuan siswa
Keterampilan dan kemampuan hidup yang dimiliki siswa merupakan aspek penting dalam kognitif mereka.
b. Sekolah dapat melaksanakan penilaian yang akuntabel dan valid secara efektif.
Digitalisasi adalah sistem yang sangat penting untuk memajukan bisnis dan teknologi pada era modern seperti sekarang ini. Dengan menggunakan digitalisasi, proses administrasi dan operasional dapat lebih efisien dan efektif, sehingga menghasilkan pertumbuhan yang lebih baik dalam perusahaan. Jadi, sistem digitalisasi adalah kebutuhan yang tak terhindarkan dalam bisnis saat ini.
c.Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek bagi para pelajar.
d.Mengesankan kebersihan adalah bagian dari iman yang sudah menjadi kebiasaan.
e.Meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap potensi daerah adalah salah satu tujuan kami. Kami percaya bahwa setiap daerah memiliki kekayaan dan potensi yang dapat dikembangkan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakatnya. Dengan mengenalkan dan mempromosikan potensi-potensi ini, kami berharap dapat membangkitkan semangat dan rasa bangga dalam masyarakat terhadap daerah mereka.
f. Menjalin kerjasama dengan pemangku kepentingan di daerah atau Corporate Social
Mendorong siswa untuk berinovasi secara sederhana dan kreatif.
g.Melalui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yang teroptimalkan, kami berharap siswa dapat mengembangkan lebih banyak keterampilan dan menemukan minat baru.
3. Masa Depan (4 tahun ke depan)
a. Merencanakan pembelajaran dengan menggunakan model-model pembelajaran adalah hal yang sangat penting.
b. Menjadi lulusan yang memiliki minat belajar yang kuat adalah salah satu dari tujuan kami. Kami percaya bahwa pola pikir dan sikap positif terhadap pembelajaran akan membantu Anda mencapai kesuksesan di dunia akademik dan profesional.
c. Salah satu tujuan utama pendidikan adalah membentuk peserta didik yang berakhlakul mulia dan peduli sosial. Dengan bimbingan dan pendekatan yang tepat, kami berkomitmen untuk memberikan pelajaran tidak hanya dalam bidang akademis, tetapi juga etika dan kepedulian terhadap masyarakat sekitar. Kami percaya bahwa peserta didik yang memiliki nilai-nilai moral dan sosial yang kuat akan menjadi individu yang sukses dan bermanfaat bagi komunitasnya.
d. Membuat pembelajaran yang efektif dengan menggunakan materi ajar yang dapat diakses secara mandiri untuk meningkatkan kemampuan belajar.
e. Kami bekerja sama secara aktif dengan pihak luar seperti sanggar seni, perguruan tinggi, dan komunitas untuk meningkatkan peluang dan pengalaman seni bagi semua orang. Kami percaya bahwa kolaborasi adalah kunci untuk menciptakan lingkungan seni yang berkembang dan beragam.